Jumat, 22 Agustus 2014

Cara Pasang Aplikasi Android Tanpa Buka Play Store/Cara Manual instal aplikasi Android

Sekedar berbagi

Beberapa aplikasi Android terkadang tidak bisa kamu instal melalui Play Store, ini dikarenakan beberapa hal yang salah satunya karena device Android kamu belum dikenali oleh Google Android. Hal seperti ini sangat wajar terjadi karena kebebasan penggunaan OS Android membuat banyak pabrikan baru muncul dan membuat ponsel atau tablet dengan OS Android.

Selain karena handphone atau tablet kamu yang terbilang baru dan belum dikenali oleh Play Store. Ada juga beberapa faktor lain yang membuat device kamu tidak bisa dipasang oleh beberapa aplikasi, salah satunya adalah kebijakan Country Region. Kebijakan Country Region adalah salah satu kebijakan di Play Store yang membuat beberapa aplikasi tertentu hanya dapat di Install di beberapa Negara yang terpilih saja. Tentu saja ini membuat kamu yang ingin menginstal aplikasi tersebut gigit jari karena udah pengen banget download eh ternyata ngga support buat pengguna Android di Indonesia.
Namun tenang saja masbero dan mbakbero, karena sifat Android yang Open Source kamu sebagai pengguna memiliki kebebasan untuk menginstal aplikasi dari berbagai sumber termasuk melakukan instal manual dari file .Apk tanpa melalui Play Store.
Lha terus gimana cara mendapatkan file .apk itu mas? lha ini baru mau saya bahas masbero dan mbakbero. Dibawah ini adalah tips cara menginstal manual file apk dan juga cara mendapatkan file .apk yang terpercaya dan resmi dari Google Play.
  1. Sebelum melakukan pemasangan manual, cek dulu opsi yang berada di System Setting > Security > Device Administrator dan lakukan check atau cetang pada opsi Unknown Source.
    Cara enable Unkown Source
    Cara enable Unkown Source
  2. Gunakan komputer/laptop dan masuk ke web Google Play Store di http://play.google.com kemudian search aja aplikasi apa yang ingin kamu instal.
  3. Setelah apps yang ingin kamu pasang ketemu, copy link urlnya, kemudian..
  4. Masuk ke http://apps.evozi.com/apk-downloader/ dan paste link google playnya.
  5. Klik tombol “Generate Download Link” kemudian tunggu sampai link downlodnya muncul.
  6. Download file .apk-nya dan transfer ke Android (bisa pake kabel data, bluetooth, atau bantuan wifi file sharing kaya AirDroid dan sejenisnya)
  7. Buka aplikasi File Explorer/File Manager yang ada di Android, dan masuk ke folder dimana kamu menaruh file .apk tadi
  8. Install file.apk tadi dan selesai deh.
Gampang kan? nah kamu bisa gunakan fasilitas dari Apk Downloader tadi untuk mengakali beberapa aplikasi yang tidak bisa kamu temukan melalui Play Store di Androidmu. Namun jangan berharap kamu bisa mendapatkan file .apk dari Aplikasi berbayar ya, karena file .apk yang bisa kamu dapat melalui Apk Downloader tersebut hanyalah aplikasi-aplikasi yang gratis alias free saja. Lha kalo pengen yang berbayar gimana mas? Ya beli to yaaa.. pipis aja mbayar je bero..
Maaf sumber copas http://www.aplikanologi.com/tips/cara-download-dan-install-manual-aplikasi-tanpa-melalui-play-store/
Mudah2an bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar