Minggu, 16 Desember 2012

Cara Mengamankan atau Menghindari Kerusakan Notebook/Laptop dari Petir

   Beberapa hari yang lalu ada kejadian yang aku rasa tidak seharusnya terjadi jika kita tidak lalai.Ok pada judul diatas adalah tips atau cara menggunakan Notebook atau perangkat yang lain dalam kondisi cuaca musim hujan yang kadang diiringi dengan adanya PETIR..
Mungkin faktor musibah adalah bagian dari taqdir,akan tetapi jika kita tidak lalai dalam bertindak tentulah musibah bisa kita hindari atau paling tidak ngg separah kalau kita bertindak ceroboh alias kurang berhati-hati.
    Nah langsung saya cerita nih..dari topik bahasan diiatas...Suatu ketika Tetangga saya menyalakan dan lagi asik mengerjakan tugas sekolahnya di nootbook,kebetulan diluaran hujan disertai petir yang menggelegar hebat.Alangkah malangnya si anak itu(tetangga saya) tiba-tiba membanting mouse nya sewaktu dia mengerjakan tugas pas kebetulan ada petir menyambar,dan itupun jauh diluar dugaan,karena memang dia mengerjakan tugasnya didalam ruang kamarnya sendiri. be
    Ternyata memang memang benar charger yang masih terpasang ke Notebook rusak terbakar karena disambar petir tadi.Untunglah belum sampai ke Notebook atau orangnya...Coba bayangkan kalau sampai kena orangnya...
     Dari kejadian tsb lansung saya kefikiran untuk bisa membagikan info tentang bagaimana menggunakan Notebook disaat hujan diiringi petir biar aman.Jawabanya mungkin sangat sederhana sekali."JANGAN NYALAKAN PERANGKAT SAMBIL NGECAS ATAU TERHUBUNG DENGAN STOP KONTAK ALIRAN LISTRIK..!!!".Sewaktu hujan banyak petir ,Karena apa ...ya itulah kejadianya jika kita lalai kalau sewaktu ada petir kemudian meyambar.
     walaupun petir tidak menyambar langsung,seringkali petir masuk kedalam aliran listrik dan akibatnya tegangan meningkat dan menyebabkan kerusakan pada perangkat
     Dan masih banyak contoh lain yang sya dengar tentang perangkat-perangkat lunak mati atau rusak dikarenakan naik nya tegangan listrik mendadak akibat petir,seperti halnya TV,NOOTEBOOK,LAPTOP dll..
     Sampai disini dulu saya berbagi mudah-mudahan ada manfaat buat semua yang baca dan trimakasih banyak yang sudah berkenan mampir ke blog saya ini.
     Kita jumpa lagi ...nanti...dalam info yang lain...dan tentunya bila ada kesempatan saya menulis

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar